About the Journal

Pro Film Jurnal adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh SAE Indonesia dengan fokus utama pada kajian di bidang perfilman, pertelevisian, dan media kreatif. Jurnal ini menyediakan platform akademik bagi peneliti, praktisi, dan akademisi untuk berbagi hasil penelitian, analisis kritis, serta inovasi dalam industri media dan hiburan.

Jurnal ini mencakup berbagai aspek dalam produksi dan distribusi film serta televisi, termasuk estetika visual, teknologi media, skenario, penyutradaraan, sinematografi, editing, animasi, efek visual, serta pengaruh sosial dan budaya dari media kreatif. Selain itu, Pro Film Jurnal juga mengeksplorasi perkembangan dalam industri kreatif yang berkaitan dengan inovasi digital, storytelling, serta strategi bisnis di sektor perfilman dan pertelevisian.

Dengan pendekatan interdisipliner, jurnal ini bertujuan untuk mendorong diskusi akademik dan pengembangan praktik terbaik di industri media kreatif. Artikel yang diterbitkan di Pro Film Jurnal meliputi penelitian empiris, kajian teoritis, studi kasus, serta ulasan kritis terhadap tren dan tantangan yang dihadapi dalam industri film dan televisi.

Jurnal ini diterbitkan secara berkala dan terbuka untuk kontribusi dari akademisi, mahasiswa, serta praktisi yang memiliki ketertarikan dalam bidang perfilman dan media kreatif.

Current Issue

Vol. 4 No. 2 (2025): Volume 4 Nomor 2 - September 2025
					View Vol. 4 No. 2 (2025): Volume 4 Nomor 2 - September 2025
Published: 2025-09-02

Articles

  • KECENDERUNGAN STILISTIK KARYA KOMUNITAS FILM DIBOGOR: RELASI SUMBER PENGETAHUAN FILM DENGAN ASPEKGAYA FILM

    Damas Cendekia, Hibatullah Salim Wahid Asybili (Author)
    1-14
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.103
  • Enhancing the Visual Experience:Analysis of the performance and challenges of Stereoscopic 3D technology in game design and virtual reality

    Lawrence Philip,B.A, M.M (Author)
    15-28
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.102
  • Dari Musik hingga Konten Viral: Analisis Teknik Audio yang Mempengaruhi Popularitas Video di TikTok dan YouTube

    Kezhia Bianta Sirait (Author)
    29-49
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.101
  • Animasi Kinetic: Analisis Kreativitas dan Teknik Animasi dalam Menciptakan Konten Viral di Media Sosial

    Audi Satryo Hutomo (Author)
    50-73
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.100
  • Eksplorasi keadilan sosial di Startup : Studi kasus eFishery dan Peran Serikat Pekerja dalam Perlindungan Hak-hak Pekerja

    Mochammad Andreisyah (Author)
    74-91
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.99
  • Facing the Challenges of Film Production:From Economic Uncertainty to Digital Era Sustainable Practices

    Melati Kusuma Wardhani, S.I.Kom, M.I.Kom (Author)
    92-106
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.98
  • Navigating Economic Challenges in the Digital Photography andVideo Industry: An Analysis of Monetization Strategies ThroughSubscription Models and the Role of Online Platforms

    Chitra Lestari, S.I.Kom, M.I.Kom (Author)
    107-120
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.97
  • Neuroaesthetics dan Cognitive Load dalam Produksi Musik: StudiEEG terhadap Pengalaman Audio yang Immersif

    Abraham Eka Widjaya (Author)
    121-137
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.96
  • Perkembangan Film Dokumenter di Era TikTok:Sebuah Kajian Literatur

    Nur Hidayat (Author)
    138-143
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.95
  • Enhancing Storyboarding for Viral Content: Closing the ResearchGap in Interactive Storytelling on Digital Platforms"

    Asti Hayuningtyas (Author)
    144-153
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.94
  • Strategi Inovasi Dalam Bisnis Kreatif: Analisis Peran Label Musik BesarDalam Menciptakan Tren Hiburan Di Era Digital

    Ario Swastanto Tamat (Author)
    179-201
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.92
  • Measuring the Impact of Changes in Production Incentives on theCompetitiveness of the Film and Television Industries: A Post-Strike Case Study in the United States and Canada

    Tumiar Berthalina Simatupang (Author)
    202-217
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.91
  • Transformasi Produksi Musik Di Era Digital: Studi Kasus Label Musik Besar Dan Dampaknya Pada Industri Musik Global

    Mohammad Fadly (Author)
    218-242
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.90
  • Evaluasi untuk Modul "Research Strategy" untuk mahasiswa vokasi di Akademi Komunikasi SAE Indonesia

    Fransiskus Rendy Retanubun (Author)
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.104
  • Enhancing Storyboarding for Viral Content: Closing the Research Gap in Interactive Storytelling on Digital Platforms

    Paramita Hapsari (Author)
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.105
  • Dampak Platform Media Sosial terhadap Proses Pencarian dan Promosi Talenta Baru di Industri Hiburan: Pendekatan Kualitatif

    Ahmad Budi Sulistioyuwono (Author)
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.106
  • Inovasi Open-Source dalam Produksi Musik: Menyongsong Era Baru DAW yang Aksesibel

    Anggi Novalga Suryanto (Author)
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.107
  • Analisis Elemen Desain dalam Karya Motion Graphic Pixel ArtBerjudul “Timeless Culinary Places”

    Matheus Prayogo (Author)
    DOI: https://doi.org/10.56849/jpf.v4i2.108
View All Issues